Rabu, 25 Juli 2018

Yuk, Segera Hentikan Kebiasaan Buruk Mengelupas Kulit Bibir


Bibir kering dan pecah pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja, karena faktor udara yang terlalu dingin, kering, atau bisa juga karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain itu, terlalu lama beraktivitas di ruangan berpendingin juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kulit bibir jadi mudah kering. Dikarenakan memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dari kulit wajah, kulit bibir pun rentan kering dan berpotensi mengalami kehilangan cairan tubuh 10 kali lebih cepat. Salah satu tanda bibir sedang mengalami kekeringan adalah dengan mengelupasnya kulit pada area tersebut. Jika sudah begitu, siapa pun pasti akan ‘gatal’ untuk mencabutnya. Padahal, kebiasaan buruk mengelupas kulit bibir sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan hal-hal berikut ini.

Iritasi dan Luka

Saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, kamu sangat tidak dianjurkan untuk mengelupaskan bagian kulit keringnya. Selain dapat menyebabkan timbulnya luka, mengelupas kulit bibir yang kering secara paksa hanya akan menyebabkan bagian kulit bibir yang semestinya belum mengering ikut terkelupas. Jika sudah begitu, timbullah mikro lesi alias luka yang tak kasat mata. Perlu kamu ketahui, munculnya luka pada bibir ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi hingga bernanah, lho! Oleh karena itu, hindari mengelupas kulit bibir dan senantiasa oleskan lip balm saat bibir sudah mulai terasa kering. Lagi pula, tanpa perlu dikelupas secara paksa, kulit bibir yang kering nantinya akan terkelupas dengan sendirinya kok!

Produk Lipstik Sulit Menempel Sempurna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam beberapa kondisi, menarik atau mengelupas kulit bibir akan menyebabkan luka, bahkan hingga berdarah. Setelah darahnya berhenti keluar, luka pun akan jadi menghitam dan berubah menjadi koreng. Selain tidak sedap dipandang, timbulnya koreng pada bagian bibir juga membuat tampilan lipstik kurang maksimal. Namun, ada saja sebagian wanita yang tetap memaksa untuk menutup koreng di bibir dengan memulaskan lipstik hingga berkali-kali. Padahal, cara ini justru hanya akan menyebabkan pori-pori di area bibir jadi tersumbat, sehingga proses penyembuhannya pun akan jadi lebih lama.

Timbul Rasa Perih

Bicara soal mengelupas kulit bibir, saya termasuk salah seorang wanita yang gemar melakukan hal tersebut, bahkan sejak kecil. Alasannya? Sepele, karena iseng saja. Sayangnya, kebiasaan buruk yang satu ini terus saya lakukan hingga dewasa. Padahal, sengaja mengelupas kulit bibir dapat menimbulkan rasa perih yang teramat sangat, lho! Terlebih lagi jika setelahnya kamu mengonsumsi makanan yang pedas. Wah, makin menjadi deh rasa perih yang ditimbulkan. Nah, jika di antara kamu ada juga yang memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir seperti saya, yuk segera hentikan jika tak ingin merasakan dampak buruk seperti yang telah di sebutkan di atas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar